Place 728 x 90 Ad Here

Saturday, March 14, 2009

Unibraw Kerja Sama Pendampingan Varietas Tanaman

Jum'at, 13 Maret 2009 - 19:09 wib

MALANG - Pusat Kajian dan Pelayanan Pemuliaan Tanaman (PKPT) Fakultas Pertanaian Universitas Brawijaya, kembali melakukan kerja sama pendampingan dalam pelepasan varietas tanaman dengan perusahaan benih.

Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Dekan Fakultas Pertania Prof Ir Sumeru Ashari dengan Direktur PT Agri Makmur Pertiwi yang berkantor pusat di Tangerang. Sebagai pemulia pendamping adalah ketua PKPT Prof Dr Ir Kuswanto yang akan mendampingi proses pelepasan varietas mentimun dan melon.

Menurut Kuswanto, seperti dirilis www.brawijaya.ac.id, Jumat (13/3/2009), pihaknya telah melakukan kerja sama serupa dengan beberapa perusahaan swasta. Sejak tahun 2007 dilakukan pendampingan proses pelepasan dengan PT Jagung Hibrida Sulawesi Jember, yang melepas jagung manis dengan pemulia pendamping Budi Baluyo.

Setahun kemudian dilakukan pula pendampingan dengan PT BISI Kediri, dan telah berhasil dilepas varietas Terong Putih dan Gambas, dengan pemulia pendamping Dr Ir Damanhuri.

Pada tahun yang sama, juga dilakukan pendampingan dengan PT Agri Makmur Pertiwi dalam proses pelepasan semangka, dengan pemulia pendamping Prof Dr Ir Kuswanto. PKPT adalah salah satu pusat kajian milik Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang beranggotakan para dosen di Laboratorium Pemuliaan Tanaman. (//ram)

No comments:

My Insta